8 Tips yang Bisa Kamu Coba untuk Menghindarkanmu dari Jerat Utang

8 Tips yang Bisa Kamu Coba untuk Menghindarkanmu dari Jerat Utang
http://takaitu.com/memiliki-masalah-utang-cobalah-ikuti-tips-berikut-ini-agar-terbebas-dari-utang/

Sederhana tapi jarang yang mau melakukannya.

Kamu pasti udah tahu kalo utang jadi salah satu masalah keuangan yang paling sering dialami sebagian orang. Bukan hanya orang dengan ekonomi menengah ke bawah saja yang merasakannya, namun juga buat mereka para pengusaha yang meminjam modal dalam skala yang besar. Dari data yang dilaporkan Bank Indonesia (BI), hingga Januari 2018 yang lalu tercatat bahwa terjadi kenaikan kasus "kredit macet" hingga 2,9 persen yang naik dan mencapai 134 trilliun rupiah. Memang sih, mengelola keuangan bukanlah hal yang mudah bagi kebanyakan orang, apalagi kamu yang baru bekerja dan punya banyak keinginan.  Terus, gimana dong kalo misalnya kamu udah terlanjur terjerat hutang? Nih, ada 8 tips yang bisa kamu coba supaya membantumu terbebas dari jerat utang.

1.

Cobalah untuk hidup lebih hemat dan tidak berfoya-foya.

8 Tips yang Bisa Kamu Coba untuk Menghindarkanmu dari Jerat Utang

Sebenarnya walau kamu punyata atau nggak lagi terjerat utang, bukan berarti boleh hidup berfoya-foya. Hidup hemat tetap jadi pilihan yang terbaik. Kalo kamu memang sudah terlanjur punya utang yang menumpuk, cobalah untuk mengurangi pengeluaran yang tidak diperlukan dan bisa ditunda, dan sisihkan lebih untuk membayar utang-utangmu.

2.

Jangan mencoba untuk berhutang lagi selagi masih memiliki utang.

8 Tips yang Bisa Kamu Coba untuk Menghindarkanmu dari Jerat Utang

Kebiasaan seperti ini sangat buruk untuk finansialmu. Meskipun kamu mencoba untuk berutang dalam jumlah yang sedikit saja, namun lama-kelamaan akan semakin banyak. Memang akan ada banyak tantangan untuk menahan keinginan buat membeli sesuatu yang diinginkan, tapi dengan menahan diri akan membuat keadaan jadi lebih baik ke depannya.

3.

Prioritaskan dulu utang mana yang harus dibayar

8 Tips yang Bisa Kamu Coba untuk Menghindarkanmu dari Jerat Utang

Kalo sekarang ini kondisimu sedang terjerat lebih dari satu hutang, coba kamu membuat daftarnya terlebih dahulu, lalu kamu bisa memberikan prioritas mana hutang yang akan dibayar terlebih dahulu. Cara ini harus kamu lakukan supaya nggak memaksakan untuk membayar semua hutang dan tetap menyisihkan uang untuk kebutuhan hidupmu. Ada baiknya untuk membayar terlebih dahulu utang yang punya bunga pinjaman lebih besar, supaya nggak semakin memberatkan jika ditunda.

Baca Juga:

4.

Hindari menggunakan kartu kredit demi "keinginan" semata.

8 Tips yang Bisa Kamu Coba untuk Menghindarkanmu dari Jerat Utang

Saat ini penawaran kartu kredit sedang gencar-gencarnya, dan hati-hati jangan sampai tergiur dengan godaannya. Boleh-boleh saja memiliki kartu kredit, namun jangan sampai kamu menuruti keinginanmu dengan menggunakan kartu kredit yang bisa saja membuat kamu terlilit semakin banyak utang ke depannya.

5.

Jangan pernah tunda untuk membayar hutang.

8 Tips yang Bisa Kamu Coba untuk Menghindarkanmu dari Jerat Utang

Kalo kamu sedang mendapatkan rezeki lebih entah karena pemberian orang lain atau bonus dari pekerjaanmu, ada baiknya kamu gunakan untuk membayar hutang. Semakin cepat hutang lunas, maka akan semakin baik kan? Nantinya, kalo hutang sudah lunas, kamu bisa kok untuk memulai menabung untuk membeli sesuatu yang diinginkan.

6.

Cobalah untuk mendapatkan penghasilan tambahan

8 Tips yang Bisa Kamu Coba untuk Menghindarkanmu dari Jerat Utang

Salah satu cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi utang yang berbelit adalah dengan income tambahan ini. Selain kamu bisa berkesempatan untuk menyisihkan uang untuk tabungan dan dana cadangan, kamu juga bisa mengalokasikannya untuk membayar utang agar semakin cepat lunas.

7.

Yang nggak kalah penting, catat semua pemasukan dan pengeluaran bulanan kamu.

8 Tips yang Bisa Kamu Coba untuk Menghindarkanmu dari Jerat Utang

Kegiatan ini emang kadang membosankan, namun siapa sangka kalo ini bisa bantu kamu untuk introspeksi diri dan bisa mengetahui apa saja yang harus kamu batasi, sehingga tetap bisa mengkontrol pengeluaran dan juga pemasukan bulananmu.


Emang nggak mudah sih untuk melunasi hutang, apalagi sampai bertumpuk-tumpuk. Namun, setidaknya kamu juga harus berusaha untuk melunasinya dengan tips yang udah kita bahas tadi, dan punya mental baja dan kemauan untuk bekerja keras. Selamat mencoba!

Baca Juga:

Tags :