Biar Muridnya nggak Mencontek, Inilah Jurus Ekstrem Para Guru Kalau Sedang Ujian

Mendingan belajar yang bener, deh.
Mendingan belajar yang bener, deh. | www.thiswillblowmymind.com

Budaya mencontek memang harus ditinggalkan, tapi semoga tidak ada murid yang trauma karena jurus-jurus ini.

“Posisi menentukan prestasi” adalah guyonan yang sangat umum terdengar di kalangan pelajar. Meski bisa disoroti sebagai anekdot, namun guyonan itu bisa menjadi sebuah wadah eskpresi yang seolah-olah mengungkapkan secara tidak langsung untuk sampai kepada suatu capaian tertentu, kita harus melakukan kecurangan.

Budaya mencontek memang hampir mirip dengan budaya korupsi, sudah menjadi budaya yang mengakar di masyarakat dan sangat sulit untuk diberantas. Kebiasaan ini mungkin dilatarbelakangi dengan iklim akademik yang berlangsung di sekolah-sekolahan.

Akan tetapi, meskipun budaya mencontek sudah menjadi hal yang sangat lumrah, bukan berarti kebiasaan itu harus diwajarkan terus-menerus. Sejumlah guru di seluruh dunia pun menyadari hal itu sehingga banyak dari mereka yang memakai trik-trik tertentu supaya murid-muridnya tidak mencontek saat ulangan.

1.

Kalau yang ini, mungkin sudah biasa ya

Mendingan belajar yang bener, deh.
Gawai memang menjadi alat andalan. | www.thiswillblowmymind.com

Gawai sering menjadi alat yang digunakan untuk mencontek saat sedang ulangan. Jadi, mendingan dikumpulin semuanya aja, deh. Tapi lihat tuh, ada yang sejak awal nggak bawa handphone. Contoh murid teladan.

Baca juga: Yuk, Intip! Ikut Ramaikan "Dolly Parton Challenge", 10 Foto Artis Ini Kece Abis

2.

Kardus anti-contek

Mendingan belajar yang bener, deh.
Kardus penentu prestasi. | www.thiswillblowmymind.com

Kira-kira yang kayak gini dijual di koperasi sekolah nggak, ya?

3.

Menjadi Hawkeye

Mendingan belajar yang bener, deh.
Mata elang. | www.thiswillblowmymind.com

Harusnya sekalian aja sediain kursi wasit bulu tangkis biar lebih enjoy ngawasinnya.

Baca juga: Kocak! 12 Foto Ini Buktikan Ternyata Hanya Ada Dua Tipe Cewek di Dunia

4.

Kacamata kuda

Mendingan belajar yang bener, deh.
Supaya menempuh "jalan lurus" nih. | www.thiswillblowmymind.com

Kalau yang ini, niat banget ya gurunya. Apa dia nggak sekalian buka online shop aja gitu? Lumayan jualan ke guru-guru lain.

5.

Hanya memakai pakaian dalam

Mendingan belajar yang bener, deh.
Ujian militer di India. | www.thiswillblowmymind.com

Supaya para peserta ujian militer di India ini tidak mencontek, mereka harus mengerjakan lembar ujian di tengah terik matahari, duduk berjauhan satu sama lain, dan hanya mengenakan pakaian dalam.

6.

Sejak zaman dulu, jurus ini rupanya sudah digunakan dan topinya pun tampak lebih solid

Mendingan belajar yang bener, deh.
Topeng ulangan. | www.thiswillblowmymind.com

Bisa minta custom pakai emblem-emblem gitu nggak ya ke gurunya?

Baca juga: Beruntung! 10 Kejadian Ini Membuktikan Jika Dewi Fortuna Itu Memang Beneran Ada

7.

Kayaknya sekolah elit, nih

Mendingan belajar yang bener, deh.
Menggunakan kamera pengawas. | www.thiswillblowmymind.com

Seperti berusaha menjaring pelaku kriminal, sekolah ini bahkan sampai menggunakan kamera pengawas atau CCTV yang terus mengawasi saat sedang ulangan.

8.

Menggunakan detektor besi

Mendingan belajar yang bener, deh.
Supaya nggak bawa alat-alat nirkabel yang bisa dipakai untuk mencontek. | www.thiswillblowmymind.com

Itu kelas atau bandara?

9.

Berasa lagi kayak di sirkuit Moto GP

Mendingan belajar yang bener, deh.
Sedia payung sebelum mencontek. | www.thiswillblowmymind.com

Kelasnya aja mungkin udah gerah, ditambah harus sempit-sempitan pakai payung kayak lagi di pemakaman.

Baca juga: Mikir Keras! 13 Foto Ilusi Optik Paling Aneh Ini Bikin Bingung dan Pusing Lihatnya

10.

Pengawasnya udah pro banget nih kayaknya

Mendingan belajar yang bener, deh.
Menggunakan drone. | www.thiswillblowmymind.com

Dengan kombinasi drone dan GoPro, rupanya para guru bisa berubah menjadi guru yang tidak disukai murid-muridnya.

Artikel Lainnya

Itulah beberapa trik yang digunakan oleh guru-guru untuk mencegah muridnya yang hendak mencontek. Trik-trik mereka, meski beberapa di antaranya mungkin terkesan terlalu berlebihan, namun mengandung maksud positif yang menekankan pentingnya kejujuran, keberanian, dan kedisiplinan.

Tags :