Tak Cuma Rakyat Kecil yang Susah Selama Pandemi, Luna Maya: Saya Juga Zero Income

Luna Maya
Luna Maya | keepo.me

Di masa seperti ini, banyak orang yang mengalami kesulitan.

Sejak Jakarta ditetapkan menjadi episenter wabah virus Corona, Pemerintah langsung menerapkan kebijakan karantina mandiri. Masyarakat yang tidak memiliki kepentingan mendesak, disarankan untuk tidak keluar rumah.

Jumlah pasien positif COVID-19 yang masih terus bertambah, akhirnya membuat Pemerintah mengeluarkan kebijakan baru yakni Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Terkait hal tersebut, segala kegiatan yang harus dilakukan di luar rumah harus ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penambahan jumlah pasien positif COVID-19.

Namun, dampak dari kebijakan ini banyak orang yang kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari bahkan ada yang harus kehilangan mata pencahariannya.

1.

Masyarakat menengah ke bawah banyak keluhkan soal kondisi ini

Luna Maya
PSBB Jakarta | www.liputan6.com

Akibat pembatasan sosial yang saat ini dilakukan Pemerintah, banyak orang yang mengeluhkan tentang pendapatan mereka jauh berkurang. Apalagi bagi mereka yang mengandalkan pendapatan harian seperti driver ojek online, pemilik warung atau restoran, serta pelaku bisnis lainnya.

Tak hanya pekerja yang mendapatkan upah harian, ribuan karyawan juga harus merasakan pahitnya dirumahkan oleh perusahaan mereka. Hal ini karena perusahaan tempat mereka bekerja tak mampu bertahan di tengah kondisi krisis yang saat ini sedang dihadapi. Pilihan pemutusan hubungan kerja mau tidak mau harus diambil.

Mereka yang berasal dari kalangan menengah ke bawah berkali-kali mengeluh soal hal ini. Dan mencibir kalangan atas yang hidupnya tetap enak meski krisis sedang melanda.

2.

Luna Maya pun membantah hal tersebut

Luna Maya
Luna Maya | www.instagram.com

Pemikiran tentang kalangan atas hidupnya tetap enak di tengah krisis yang disebabkan oleh pandemi Corona langsung dibantah oleh artis papan atas Indonesia, Luna Maya. Dalam sebuah video yang ia unggah di akun Instagramnya, Luna berpendapat bahwa kesulitan yang saat ini melanda tak hanya menimpa masyarakat menengah ke bawah, tetapi juga mereka yang berasal dari kalangan atas.

"Kalau ada yang berpikir, yang susah itu dari kalangan menengah ke bawah atau yang gajinya harian, kita juga pengen kasih liat ngga cuma yang bawah aja lho. Terutama aku atau Raffi (Ahmad), yang harus tetap gaji temen-temen yang bekerja sama aku," ujar Luna Maya.

3.

Luna Maya mengaku sudah tak mendapatkan pemasukan

Luna Maya
Luna Maya | www.instagram.com

Harus tetap menggaji para karyawan yang bekerja dengannya, Luna Maya mengaku cukup kebingungan karena saat ini ia bisa dibilang sedang tidak mendapat pemasukan. Hal ini merupakan imbas virus COVID-19 yang sedang mewabah.

"Aku harus gaji temen-temen yang bekerja sama aku, cicilan rumah, cicilan mobilku, kartu kredit tetep berjalan tidak ada kebijakan, tetap harus membayar pajak. Dan yang paling berat, saat ini saya zero income," kata Luna.

Saat ini, Luna pun memenuhi kebutuhannya hanya dengan mengandalkan tabungan yang ia miliki. Namun Luna pun tak tahu sampai kapan ia bisa mengandalkan tabungannya tersebut.

"Aku harus cek lagi sampai bulan apa aku bisa bertahan (dengan tabungan)," lanjut Luna Maya.

4.

Tetap bersyukur

Luna Maya
Luna Maya | www.instagram.com

Namun meski kondisi sedang serba sulit, Luna Maya mengaku tetap bersyukur. Karena setiap kalangan jelas merasakan kesulitannya masing-masing. Sehingga yang diperlukan adalah cukup dengan bersyukur dengan kondisi yang ada.

"Walaupun dengan kondisi keuangan yang cukup bikin deg-degan setiap harinya, saya cuma bisa bersyukur pada Tuhan kita masih sehat, masih bisa makan alhamdulillah enak, dan aku bersyukur Jakarta sekarang jadi kota yang asri," ujar Luna Maya.

5.

Warganet perdebatkan pendapat Luna Maya

Luna Maya
Luna Maya | www.instagram.com

Pernyataan Luna Maya mengajak untuk tetap bersyukur di kondisi yang sulit ini ternyata tak semua warganet bisa menerima. Namun di sisi lain, ada pula yang mengaku terbuka matanya atas pernyataan yang diungkapkan Luna Maya.

"Setidaknya Horangkayah pasti punya tabungan.. Untuk hidup ber bulan2 jg masih bisa.. 😢 kalo missqueen bisa apa?" komentar akun @meluvmar.

"tapi tabungan deposito berlian investasi n harta bergerakmu yg lain masih banyak mbiakkk... :'(," komentar akun @vikadave.

"Yang koment bilang seenggaknya dia org kaya punya tabungan! Laaah salah lu sendiri ga nyisihin buat nabung, serebu 2 rebu klo disisihin buat nabung yaaa ada hasilnya," komentar akun @hallogit yang mendukung pendapat Luna Maya.

"emg bener kok, masalah ekonomi saat ini satu Indonesia jg ngerasainnya dari semua kalangan. apalagi dollar yg semakin tinggi huft saat ini bener2 di paksa untuk berhemat," komentar akun @akusiapaaaku.

Artikel Lainnya

Di kondisi seperti sekarang ini, seharusnya semua pihak menyadari bahwa kesulitan memang dialami semua orang. Bukan waktunya lagi untuk mengutuk orang lain yang hidupnya terlihat enak. Tak ada yang pernah tahu perjuangan masing-masing orang, sampai kita merasakannya sendiri. Kalau bersyukur masih cukup sulit dilakukan, cukup mencoba bertahan saja.

Tags :