6 Alasan Kenapa 'The Conjuring' Bisa Menjadi Franchise Film Horor Terlaris

6 Alasan Kenapa 'The Conjuring' Bisa Menjadi Franchise Film Horor Terlaris

Udah gak sabar nih kalo nanti beneran ada "The Conjuring Universe"!

Franchise film The Conjuring tampaknya bakalan bersinar nih di Hollywood. Siapa yang bakal nyangka film The Conjuring yang tayang pertama kali tahun 2013 berhasil mencetak rating yang tinggi di dunia perfilman Hollywood. Dilanjutkan dengan beberapa film berikutnya yang dirilis kemudian, yaitu Annabelle, The Conjuring 2, dan Annabelle: Creation yang barusan aja tayang di bioskop tanah air. Belum lagi masih ada film spin-off The Nun yang mengangkat asal mula sosok suster Valak yang muncul di The Conjuring 2, dan juga The Crooked Man, makin menambah daftar panjang franchise film ini.  Apalagi banyak kejadian-kejadian aneh yang menyertai film ini, yang bikin filmnya makin seram.

Baca: Tiba-Tiba Teriak Histeris, Wanita di Banjarmasin Ini Kesurupan Waktu Nonton Annabelle: Creation

Boleh dibilang kalo franchise film The Conjuring ini bakal sangat menjanjikan ke depannya, dan bukan gak mungkin bisa menjadi franchise film horor terlaris! Berikut beberapa alasannya.

1.

Dengan bujet yang rendah, mereka gak perlu fokus di naskah.

6 Alasan Kenapa 'The Conjuring' Bisa Menjadi Franchise Film Horor Terlaris

Di industri perfilman, film berbujet tinggi biasanya lebih mementingkan narasi dan naskah. Itu karena mereka gak mau ambil resiko menghambur-hamburkan duit untuk film yang belum tentu bisa mendapat pemasukan yang tinggi.

Nah, beda dengan film The Conjuring dan juga kebanyakan film horror lainnya. Pihak studio gak perlu pusing mikirin naskah. Sutradara film horor bisa tetap membuat film mereka walau cuma punya bujet yang dikit banget, yang berarti mereka bisa lebih fokus untuk nakut-nakutin penonton dengan bermain di setting, visual, dan juga grafis film yang mencekam.

Gak percaya? Coba liat film Annabelle. Annabelle adalah salah satu franchise film The Conjuring yang paling jelek ratingnya. Tapi walaupun filmnya dikritik habis-habisan, film ini tetap berhasil meraih keuntungan yang tinggi banget dengan modal yang minim.

Intinya, walau ceritanya ampas, tapi kalo penonton deg-degan terus sepanjang film, berarti sukses deh. Yang penting, berani ambil resiko dan terus berinovasi menampilkan adegan seram.

2.

Franchise Conjuring punya tim kreatif yang hebat.

6 Alasan Kenapa 'The Conjuring' Bisa Menjadi Franchise Film Horor Terlaris

Marvel punya Kevin Feige.
DC punya Geoff Johns.
Conjuring punya James Wan!

James Wan udah terkenal banget di ranah dunia film horor dan thriller macam Insidious dan Saw. Itulah yang membuat The Conjuring juga sukses besar. Bahkan walaupun James Wan gak berada di belakang kamera secara langsung untuk mengarahkan, tapi pihak studio masih bisa menggaet insan kreatif bertalenta lain, yang walau terasa berbeda, tapi sama-sama bisa menghadirkan kengerian yang sama: David F. Sandberg, pria dibalik Annabelle: Creation.

3.

Berpotensi untuk menjadi sebuah universe.

6 Alasan Kenapa 'The Conjuring' Bisa Menjadi Franchise Film Horor Terlaris

Konsep universe ini lebih dikenal setelah film-film superhero Marvel bermunculan dan bertemu dalam The Avengers. Padahal sebenarnya beberapa film udah nerapin konsep ini, seperti Star Wars, James Bond dan John Wick.

Nah, Conjuring universe ini tentu membawa suasana baru yang bisa jadi sangat berbeda dengan universe lainnya karena bertemakan supernatural horor. Dan tiap film bisa jadi sangat berbeda dengan film-film sebelumnya, karena mereka gak punya konsep cerita yang kuat untuk dibawa dari satu film ke film lainnya. Bahkan sebagian besar film di Conjuring universe ini masih belum semua berfokus ke keluarga Warren dan kasus-kasusnya loh, karena mereka masih fokus buat bikin banyak adegan horor yang serem banget!

4.

Hubungan antar tiap film membuat ceritanya makin mencekam.

6 Alasan Kenapa 'The Conjuring' Bisa Menjadi Franchise Film Horor Terlaris

Salah satu aspek fundamental franchise The Conjuring yang membedakannya dengan film horor lainnya, adalah Conjuring adalah sebuah universe yang hubungannya selalu terlihat di tiap film. Ini bukan sesuatu yang bakal sering kita liat untuk genre film setan atau horor loh, apalagi sampai ada timeline-nya sendiri gara-gara kehadiran Ed dan Lorraine Warren yang bikin franchise dan spin-off nya makin greget.

Contoh nyata adalah boneka Annabelle. Nonton tiap film Conjuring universe yang menampilkan boneka Annabelle membuat kisah dan mitos Annabelle ini jadi makin kuat. Annabelle gak pernah ngomong ataupun banyak gerak, tapi gara-gara terus muncul di filmnya, akhirnya kita semua jadi tahu kan kisah Annabelle? Bahkan semua yang berhubungan dengan Annabelle pun pasti menarik.

Baca: 5 Fakta Boneka Asli Annabelle yang Lebih Menyeramkan dari Filmnya

5.

Tapi walau berhubungan, kamu gak perlu nonton semua filmnya untuk tahu ceritanya.

6 Alasan Kenapa 'The Conjuring' Bisa Menjadi Franchise Film Horor Terlaris

Inilah uniknya Conjuring universe. Kamu gak perlu nonton film-film terdahulu untuk kenal dengan tiap karakter, setan atau hantu yang muncul. Itu karena tiap film merupakan sebuah film yang berdiri sendiri, beda dengan Marvel Cinematic Universe atau DCEU. Dan kamu masih bisa ngerti film Conjuring apa yang lagi kamu tonton. Hal ini yang bikin franchise The Conjuring sangat cocok untuk semua penonton dan penggemar baru.

6.

Horor bukan jenis film yang kompetitif.

6 Alasan Kenapa 'The Conjuring' Bisa Menjadi Franchise Film Horor Terlaris

Pernah bosan dengan film superhero? Mungkin.
Tapi apa kamu pernah bosan dengan film horor? Kayaknya mustahil.

Itu karena hingga saat ini, jumlah film horor yang beredar di pasaran itu gak banyak. Conjuring yang dibuat dengan bujet rendah tapi bisa laris manis dan mengalahkan film horor lainnya tentu jadi hal yang sulit dilawan dominasinya karena emang pesaingnya dikit. Apalagi film horor jarang banget bersaing dengan film horor lainnya beda dengan film action, animasi, atau komedi.

Penggemar film horor juga kebanyakan adalah penonton setia. Tiap ada film horor tayang di bioskop, pasti deh bakal mereka tonton. Padahal mungkin mereka gak tahu itu film tentang apa, hantunya gimana, atau ratingnya sejelek apa. Yang penting, mereka bisa nonton, deg-degan, jerit-jerit, dan cerita ulang adegan-adegan serem di film bareng temen mereka setelah film selesai sambil ngakak-ngakak.


Jujur, gue bukan penggemar berat film horor. Gue malah gak suka film horor. Serem, anyiing. Gue agak gak sudi kalo harus ngeluarin duit buat dikaget-kagetin. Tapi jujur, film-film The Conjuring ini beda dengan film horor lainnya, dan gue cenderung menikmati filmnya. Jadi gak salah kalo gue bilang, franchise film Conjuring ini adalah deretan film horor terbaik yang pernah gue tonton!

Gimana kalo menurut kamu?


Baca juga:

Tags :